Jembatan Ter’unik Dan Ter’indah
Gara-gara penasaran Ama Jembatan yang dibuat orang Indonesia, ketemu ama tipe-tipe jembatan yang unik and keren banget, sori kalo nie banyak diambil dari beberapa blog milik orang, buat informasi aja sekaligus nambah ilmu about "BRidgeeee"....
- Jembatan Banpo Korea Selatan
Merupakan Jembatan Air Mancar.. kenalan dulu yach ama nama and lokasinya. Jadi The Banpo Bridge adalah jembatan besar di Pusat Kota Seoul di atas Sungai Han, Korea Selatan yang menghubungkan Kabupaten Seocho dan Yongsan. Jembatan ini berada di atas Jembatan Jamsu dan membentuk sebuah Dek Ganda. Jembatan yang terakhir memiliki kemampuan untuk menyelam di dalam air jika permukaan air naik.
Pada awalnya Banpo Bridge adalah sebuah jembatan kayu palang dan selesai pada tahun1982. Pada bulan september 2008, jembatan ini sudah berubah menjadi pelangi air mancur raksasa yang menembak ke bawah bukannya ke atas dengan hampir 10.000 LED nozel di setiap sisi jembatan, menembak dari 190 ton air per menit. Air dipompa langsung dari sungai itu sendiri dan terus-menerus di daur ulang, menunjukkan Seoul “Eco-friendliness”
Pengertian Eco-Friendliness :
“Environmentally friendly (also eco-friendly,nature friendly,nature friendly, and green) are synonyms used to refer to goods and services, laws, guidelines and policies considered to inflict minimal or no harm on the environment.
To make consumers aware, environmentally friendly goods and services often are marked with eco-labels. But because there is no single international standard for this concept, the International Organization for Stamdardization considers such labels too vague to be meaningful” from wikopledia.
Tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.
Proyek ini yang merupakan jenis pertama di dunia, dan dijadikan wisata utama di Korea, tapi disamping itu ternyata, pemerintah kota lumayan kewalahan dengan biaya tagihan listrik. Seiring dengan pencahayaan LED, dimana sistem air mancur ini mengkonsumsi listrik cukup banyak. Beberapa kalangan seperti kelompok sipil,koran,blogger dan politisi telah mengkritik proyek yang turt andil memperparah pemanasan global ini dan jauh dari “eco-friendly”. Gambar lain yang nampak sebagai keindahan nie jembatan dilihat perspektif atas and samping like this :
2. Jembatan Millau From Perancis
Jembatan Millau (Bahasa Perancis: le Viaduc de Millau) adalah jembatan berkonstruksi kabel tarik yang menyeberangi lembah sungai Tarn dekat Millau, selatan Perancis. Jembatan Millau merupakan jembatan tertinggi di dunia, dengan salah satu tiang tertinggi, setinggi 342 meter (1,222 kaki), sedikit lebih tinggi dari Menara Eifel di kota Paris, Perancis, dan 40 meter lebih pendek dari Gedung Empire State (Empire State Building) di kota New York, AS. Panjang keseluruhan jembatan adalah 2.460 meter (2,46 Km).
Setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004.
Selain memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian! Jembatan Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun bentuk aslinya. Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon penopang.
3. Henderson Waves From Singapura
Jembatan Henderson Waves ini merupakan jembatan pejalan kaki yang terindah.
Kalo mau liat kondisi malam hari nie jembatan malahan arsitekturnya lebih cantik banget kayak gini, Just Say : ” It’s So Beautiful”.
Dibuat secara unik membentuk gelombang yang terdiri darik 4 puncak dan 3 lembah. Jembatan ini menawarkan tempat baru untuk melihat-lihat Singapore, dan jembatan ini memang benar-benar menakjubkan. Rancangan bentuknya yg unik menjadi ciri khas jembatan yg menghubungkan Mount Faber Garden dan Telok Blangah Mount Garden ini
4. Jembatan Teluk Hangzhou From Cina
Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.
5. Rolling Bridge from Britania Raya
Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini terletak di Paddington Basin , London . Daripada menggunakan mekanisme jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen rigid tunggal yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu. Ketika dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya.
Dua belas meter panjangnya, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang di handrail setiap bagian.
6. Jembatan Oliveira From Brazil
Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue . Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain melalui menara penopang berbentuk X.
7. Wind and Rain Bridge from Cina
Wind and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di Provinsi Guizhou , dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap. Jembatan ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.
Merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional. Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan ini sangat unik.
8. Tower Bridge From Britania Raya
jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di bawahnya.
9. Jembatan Air Magdeburg From Jerman
Jembatan Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai Elbe , dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman. Sepanjang 1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini membolehkan kapal angkut sungai menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe . Pengapalan sering terhadang di jembatan ini bila tanda air sungai berada di tingkat terendah.
10. Ponte Vecchio From Italia
Ponte Vecchio di Florence adalah salah satu atraksi turis terkenal di Italia, dan dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa, meskipun banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan dua belas tahun kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu. Terkenal karena banyak pertokoan, jembatan ini merumahkan setiap orang mulai pedagang dan tukang daging Abad Pertengahan hingga toko cinderamata dan penjual karya seni.
11. Suramadu From Indonesia
Akhirnya ada juga jembatan yang bikin Indonesia bangga coz termasuk dalam jembatan yang Ter.., tapi faktanya pembuatan nie jembatan nggak semua asli Indonesia and masih melibatkan kontraktor luar juga ..Yaaa..
Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ialah Bang Na Expressway di Thailand (54 km). Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009[2]. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.
Diarsipkan and di ambil di bawah: Indo Top Wisata | Ditandai: fakta terunik didunia, jembatan terunik dan terindah didunia
0 komentar:
Posting Komentar